Kenapa Harus Lewat e- Commerce?

Kenapa Harus Lewat e- Commerce?

Beberapa waktu kebelakang hingga saat ini, transaksi jual beli online sudah menjadi tren masyarakat. Kemajuan teknologi menjadi penyebab, gaya hidup masyarakat menjadi mudah dan instan, apa pun bisa dilakukan melalui sentuhan aplikasi.

                Selain itu, efesiensi waktu dan perbandingan harga pun menjadi pilihan masyarakat dalam bertransaksi jual beli, baik itu bidang fesyen, elektronik, kuliner, otomotif, hingga masih banyak lainnya. Tak heran, jika tak sedikit orang memanfaatkan momen era digital ini tidak hanya menjadi konsumen tetapi dapat menjadi peluang bisnis.

                Dengan bermodalkan kuota dan gadget, setiap orang bisa dengan mudahnya berbisnis online melalui berbagai macam aplikasi e-Commerce tanpa harus menggelontorkan uang untuk sewa took atau pun hal lainnya. Mungkin bagi sebagian orang, ada yang penasaran kok e-Commerce bisa menjadi tren seperti ini ya? Apakah termasuk kamu?

                Bisa disebut Forum Jual Beli (FJB) Kaskus dan Tokobagus menjadi forum dagang digital yang terlebih dulu booming di Indonesia. Lalu, definisi e-Commerce sendiri itu seperti apa sih? Seperti dilansir dari kompasnia.com, definisi e-Commerce seperti berikut:

1. Komunikasi, e-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan,atau sarana elektronik lainnya.

2. Proses bisnis, e-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.

3. Layanan e-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.

4. Online, e-Commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa online lainnya.

Menariknya, menurut berita yang dilansir dari wartaekonomi.co.id, Indonesia merupakan pasar dengan pertumbuhan e-Commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Sejak tahun 2014, Euromonitor mencatat, penjualan online di Indonesia sudah mencapai US$1,1 miliar. Data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut, industri e-Commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17 persen dengan total jumlah usaha e-Commerce mencapai 26,2 juta unit.

Pada tahun 2018, e-Commerce di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sangat pesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Diharapkan peningkatan dan pertumbuhan e-Commerce ini menjadi perkembangan ekonomi yang sangat baik ya di Indonesia ini.

Untuk mendukung E-commerce, perlu adanya aplikasi melalui google play store yang telah digunakan milyaran user di seluruh dunia. Jadi tunggu apalagi, segera pesan pembuatan aplikasi melalui Langitbumi.com untuk mendukung bisnis kamu. *)LB


Leave a Reply